Menu Close

Kurang Percaya Diri

Gambar : sdi.id

Rasa kepercayaan pada diri sendiri merupakan hal penting dan modal dalam kehidupan. Namun tidak semua orang bisa melakukan dengan mudah rasa percaya diri yang tinggi. Hal itu disebabkan rasa tidak percaya pada diri sendiri dan menganggap dirinya penuh dengan kekurangan. Manusia cenderung melihat orang lain lebih baik daripada dirinya sendiri dan dirinya kurang unggul.Namun, kurangnya rasa percaya diri ini justru berdampak negatif dalam memenuhi peranan social dimasyarakat.

Beberapa orang mampu meningkatkan rasa percaya dirinya dengan cepat berkat dukungan orang-orang terdekat. Contohnya seperti orang tua, sahabat, saudara, dan pacar. Namun ada orang yang tidak bisa meskipun sudah banyak dukungan padanya. Dukungan dari luar memang cukup berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri. Tetapi sumber utama dari percaya diri  itu berasal dari  dari dirinya sendiri dan perlu dilatih agar lebih baik. Berikut ini informasi terkait cara meningkatkan percaya diri kamu.

  • Sadari bakat yang kamu miliki

Pertama kali kenali diri kamu sendiri melebihi orang lain. Merenunglah dan lihat ke dalam diri kamu, kelebihan apa yang kamu punya. Semua orang memiliki bakat entah itu bakat sejak lahir ataupun bakat yang diasah secara terus menerus seperti hobi. Hampir semua orang memiliki kesalahan yaitu tidak mengenali dirinya sendiri dan tidak mampu mengetahui bakat yang ada dalam dirinya. Setiap orang mungkin memang memiliki kelemahan , namun percayalah bahwa dibalik kekurangan tersebut tersimpan juga kelebihan tertentu. Masing-masing orang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa kamu ingin disamakan atau ingin menjadi seperti orang lain. Pertama adalah cari tahu bakat terpendam apa yang kamu miliki.

  • Kembangkan bakat kamu

Merasa tidak memiliki bakat apapun? Coba focus pada hobi kamu sukai. Dari hobi seoerti memasak, menanam bunga, bermain bola, menggambar, membaca dan sebagainya. Coba tekuni. Lakukan hobi tersebut setiap hari dan berkumpulah dengan orang-orang dengan hobi yang sama. Belajarlah dari orang lain kamu akan mendapatkan beberapa kesulitan yang mungkin terasa berat, namun jangan menyerah. Lakukan dengan hati senang dan berusahalah secara optimal. Pada intinya, perhatikan apa yang menjadi daya tarik kamu dan lakukan secara rutin. Ketika kamu memiliki banyak informasi dan pengalaman, disitulah rasa percaya diri akan perlahan muncul dan menjadi lebih kuat.

  • Cobalah untuk memberikan penilaian terhadap dirimu sendiri

Menilaian diri sendiri bukanlah hal yang mudah dan juga memerlukan keberanian dan percaya diri. Persepsi merupakan dasar dari pemberian penilaian bagi dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Orang yang mampu menilai dirinya sendiri akan menjadi lebih bijaksana dan tidak asal menilaimorang lain. Dengan kemampuan ni juga seseorang mampu menyadari kekurangan orang lain dan diri sendiri dan menjadi lebih percaya diri salah satu cara un tuk belajar menilai diri sendiri bisa dengan membuat pencapain- pencapain kecil dan pendek untuk diri sendiri.

  • Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Masing-masing orang tumbuh dengan caranya sendiri-sendiri dan tentu tidak sama. Maka janganlah membandingkan diri kamu dengan orang lain. Belum tentu orang lain hebat dari pada kamu. Rumput tetangga memanglah selalu tampak lebih hijau namun bangunlah rasa percaya diri bahwa kelak kamu bisa berkembang lebih dari orang lain dengan cara kamu sendiri. Pengalaman hidup yang berbeda pada masing-masing orang akan membentuk karakter yang berbeda pula.

  • Bebaskan diri kamu

Banyak banyaklah belajar dari berbagai macam sumber informasi. Bisa dari teman, tengga, majalah, media elektronik dan lainnya. Tingkatkan pengetahuan kamu mengenai berbagai hal. Hal ini membantu kamu dalam interaksi sosial dimana  pengetahuan yang kamu miliki harus mungkin berguna untuk berbagi informasi dalam kelompok. Sering seringlah bermain atau berkumpul dengan orang lain, hindari menyendiri atau hanya hidup dalam hobi yang bersifat personal saja. Interaksi sosial dalam masyarakat sangat membuuhkan orang-orang dengan wawasan yang luas.

  • Belajar bersyukur

Bersyukurlah pada apa yang ada dalam diri. Misalnya mengenai wajah penampilan tubuh, kemampuan, skill, ekonomi keluarga, kondisi keluarga dan lain sebagainya. Ketika kamu menjadi orang yang bersykur pada apa yang kamu punya. Maka kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapi hidup. Janganlah merasa bahwa diri anda jelek, berpenampilan buruk ataupun minder dengan status ekonomi atau keluarga.

  • Lakukan sesuatu jangan hanya merencanakan saja

Bermimpi besar dan penuh dengan rencana-rencana keren saja tidak cukup. Anda perlu rasa percaya diri untuk mampu melaksanakan rencana itu menjadi nyata. Begitu pula ketika kamu mengajak orang lain untuk bergabung dengan rencana kamu, ada perlu menyampaikan dengan rasa percaya diri dan keyakinan yang pasti, rasa percaya diri kamu akan mempengaruhi anggapan orang lain terhadap rencana kamu buat.

  • Tetap rendah hati

Menjaga hati tetap rendah diri mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Namun berusahalah untuk selalu menjadi diri yang humble,rendah hati,dan merasa selalu perlu perbaikan diri. Mau menerima masukan dari orang lain dan bersikap terbuka adalah cara untuk menjaga diri untuk tetaprendah hati.

Penulis : Yulyanis

%d bloggers like this: