Menu Close

Menjaga Stabilitas Ekonomi di Tengah Pandemi

Gambar : tirto.ID

Di tengah pandemi seperti saat ini tentunya tidak sedikit yang mengeluh terkait masalah ekonomi. Dimana masyarakat tidak bisa beraktivitas rutin seperti biasanya. Kegiatan sosial terbatas. Segala sesuatu dilakukan di rumah. Bekerja, belajar dan aktivitas lainnya juga dilakukan di rumah. Hal tersebut tentunya memiliki pengaruh terhadap kehidupan sosial dan mental setiap individu serta perekonomian. Namun yang paling banyak dipermasalahkan masyarakat adalah perekonomian.

Dengan kondisi saat ini banyak pekerja yang diberhentikan sehingga penghasilan berkurang bahkan mungkin sebagian orang tidak lagi memiliki penghasilan sehingga harus menggunakan tabungan jika ada. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki tabungan? Tentunya ekonomi merupakan masalah yang sangat besar bagi mereka.

Berdasarkan permasalahan tersebut, berikut penulis uraikan beberapa tips menjaga stabilitas ekonomi:

  1. Mengatur keuangan dengan baik dan benar. Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar? Caranya adalah dengan cara menggunakan pola 50:30:20 dari penghasilan yang diperoleh. 50% dari penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, 30% untuk cicilan dan berjaga-jaga untuk kemungkinan yang tidak bisa diprediksi, 20% untuk tabungan.
  2. Menentukan kembali skala prioritas hidup. Berbicara prioritas tidak jarang masyarakat lebih mendahulukan hal yang diinginkan bukan berdasarkan kebutuhan sehingga berpengaruh terhadap ekonomi. Maka perlu menghindari perilaku hidup konsumtif.
  3. Memanfaatkan dana bantuan dari pemerintah dengan efektif sehingga bernilai ekonomi. Adapun caranya adalah dengan memulai usaha kecil-kecilan. Kebanyakan orang akan merasa malu ketika harus membuka usaha kecil dengan berbagai alasan tertentu. Namun sebenarnya jika dilakukan dengan cara yang benar usaha kecil tersebut bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi saat ini. Misalnya usaha toko sembako. Meskipun saat ini ekonomi masyarakat tidak stabil akan tetapi kebutuhan terhadap sembako tidak pernah turun sehingga hal tersebut menjadi peluang usaha yang efektif.

Penulis : Mirna

%d bloggers like this: